Internet lebih “digemari” daripada makan nasi?

Tanya kenapa? Internet sekarang ini seperti sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian kalangan. Bahkan hal seperti ini menjadi motivasi untuk musisi seperti “Saykoji” yang menciptakan lagu “Online” yang liriknya mengungkapkan tentang betapa internet itu menjadi makanan pokok bagi kalangan umum. Biasanya kebutuhan akan internet ini beragam tujuannya. Misalkan dari anak-anak pelajar sekolah kebanyakan lebih menggunakan internet untuk bermain game online atau mengakses jejaring sosial walaupun dari segi usia mereka belum diperbolehkan untuk memiliki akun jejaring sosial. Kemudian juga banyak remaja – pegawai kantoran yang “rajin” menggunakan internet untuk chatting, download berbagai content multimedia, dan tentu saja aktif mengakses jejaring sosial dan juga menulis blog. Sedangkan para golongan tua lebih banyak menggunakan internet untuk membaca berita atau juga bernostalgia menggunakan jejaring sosial juga.
Kemajuan teknologi yang selalu berkembang memang menjadi faktor utama penggunaan internet semakin dibutuhkan. Memang dengan adanya internet ini memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Aktivitas yang biasanya membuat jenuh atau bosan seperti disembuhkan dengan adanya internet. Namun keadaan ini juga memunculkan efek yang kurang baik. Sebagai contoh, seseorang karena ketagihan nongkrong seharian di depan komputer dengan connecting dengan internet bisa sampai “lupa waktu” bisa lupa mandi, lupa makan, lupa sekolah, lupa kerjaan dan lupa lainnya. Dampak yang diakibatkan jika terlalu ketagihan komputer bisa sangat beragam. Dari segi kesehatan jelas banyak efeknya mulai pada mata (karena terlalu lama menatap monitor), kondisi fisik juga dapat terganggu jika terlalu lama di depan computer. Selain itu dampak sosial juga bisa dapat terjadi. Misalkan karena asyik internetan lalu produktivitas kerja menjadi turun, atau karena lebih sering berkomunikasi melalui chatting lalu komunikasi verbal dengan lingkungan sosial sekitar juga menjadi kurang.
Memang keberadaan internet sangat membantu dalam kehidupan manusia sehari-hari. Tapi sebaiknya kita dapat menggunakannya dengan bijak. Kesadaran dari pribadi masing-masing individu-lah yang harus mengontrol agar dapat menggunakan internet dengan efektif dan efisien.
Jadi jangan sampai makanan pokok kita berubah dari nasi menjadi kabel internet, hehehe.


Abe.Jordan
19-02-10

0 komentar:

Posting Komentar

 
template designed by 2k6351