GAME ENGINE part 3

Bagaimana membuat suatu objek 3D sederhana menggunakan OGRE.

Langkah pertama tekan alt+shift+n lalu pilihlah C++ Project, perhatikan gambar berikut :

Lalu selanjutnya kita akan membuat sebuah project aplikasi 3D yang memanfaatkan OGRE.
pilih empty project dengan toolchains MinGW

lalu klik project pada bagian project explorer lalu tekan alt+enter

Arahkan kebagian C/C++ Build à Settings, Klik Manage Configurations lalu klik baris Release dan tekan Set Active dan klik OK.

Masuk ke bagian GCC C++ Compiler pada Tool Settings, selanjutnya ikutilah petunjuk table berikut ini untuk bagian-bagian properties pada pilihan Debug dan Release. Pastikan yang aktif adalah Release.

DEBUG RELEASE
Preprocessor
Defined Symbols (-D):

WIN32
_WINDOWS
_DEBUG

Defined Symbols (-D):

WIN32
_WINDOWS
NDEBUG

Directories
Include Paths (-l):

“${OGRE_HOME}\include”
“${OGRE_HOME}\samples\include”

Beserta kutip “
Include Paths (-l):

“${OGRE_HOME}\include”
“${OGRE_HOME}\samples\include”

Beserta kutip “
Miscellaneous
Bag. Other flags :

-c -fmessage-length=0 -mthreads -fexceptions -fident
Bag. Other flags :

-c -fmessage-length=0 -mthreads -fexceptions –fident


Mash pada bagian Tool Setting, masuk ke bagian MinGW C++ Linker ikutilah petunjuk table berikut ini untuk bagian-bagian properties pada pilihan Debug dan Release. Pastikan yang aktif adalah Release.

DEBUG RELEASE
Libraries
Libraries (-l):

OgreMain_d
OIS_d

Libraries (-l):

OgreMain
OIS

Library search path (-L):

“${OGRE_HOME}\bin\debug”

Beserta kutip “
Library search path (-L):

“${OGRE_HOME}\bin\release”

Beserta kutip “
Miscellaneous
Bag. Other Options (-Xlinker[option]):

–enable-auto-image-base
–add-stdcall-alias

Bag. Other Options (-Xlinker[option]):

–enable-auto-image-base
–add-stdcall-alias

Masuk kebagian sourcecode, masukkan sourcecode berikut untuk testing :

#include “ExampleApplication.h”

class BelajarOgre : public ExampleApplication {

public:

BelajarOgre(){

}

~BelajarOgre(){

}

protected:

void createScene(void){

//mSceneMgr utk manage semua semua yg tampil pd screen

mSceneMgr->setAmbientLight(ColourValue(1,1,1));

//Entity ad objek yg bs dirender discene

Entity *ent1 = mSceneMgr->createEntity(“Robot”,”robot.mesh”);

Entity *ent2 = mSceneMgr->createEntity(“Robot2″,”robot.mesh”); //membuat robot kedua

SceneNode *node1 = mSceneMgr->getRootSceneNode()->createChildSceneNode(“RobotNode”);SceneNode *node2 = mSceneMgr->getRootSceneNode()->createChildSceneNode(“Robot2Node”);

//attach entity ke scenenode ut beri lokasi render robot

node1->attachObject(ent1);

node2->attachObject(ent2); //mengattach robot 2

node2->translate(20,0,0);

}

};

#if OGRE_PLATFORM == OGRE_PLATFORM_WIN32

#define WIN32_LEAN_AND_MEAN

#include “windows.h”

INT WINAPI WinMain(HINSTANCE hInst, HINSTANCE, LPSTR strCmdLine, INT)

#else

int main(int argc, char **argv)

#endif

{

//bikin objek aplikasi

BelajarOgre app;

try {

app.go();

} catch (Exception e) {

#if OGRE_PLATFORM == OGRE_PLATFORM_WIN32

MessageBox(NULL,e.what(),”Terjadi Error!”,MB_OK | MB_ICONERROR |MB_TASKMODAL);

#else

fprintf(stderr,”Terjadi Error = %s\n”,e.what());

#endif

}

return 0; }

Build project tersebut, dan masuk kedalam direkori OgreSDK\bin\release lalu buka file resource.cfg

Ganti bagian ../../../ dengan fullpath lokasi OgreSDK

Save file tersebut, lalu copy semua isi direktori OgreSDK\bin\release kedalam workspace project anda khusunya direkori nama_workspace\nama_project\Release

Masuk ke direktori nama_workspace\nama_project\Release, jalankan file executablenya biasanya nama_project.exe.

0 komentar:

Posting Komentar

 
template designed by 2k6351