Bagaimana membuat suatu objek 3D  sederhana menggunakan OGRE.
    Langkah pertama tekan alt+shift+n lalu pilihlah C++ Project, perhatikan gambar berikut :
    Lalu selanjutnya kita akan membuat sebuah project aplikasi 3D yang memanfaatkan OGRE.
    pilih empty project dengan toolchains MinGW
    lalu klik project pada bagian project explorer lalu tekan alt+enter
    Arahkan kebagian C/C++ Build à Settings, Klik Manage Configurations lalu klik baris Release dan tekan Set Active dan klik OK.
    Masuk ke bagian GCC C++ Compiler pada Tool Settings, selanjutnya ikutilah petunjuk table berikut ini untuk bagian-bagian properties pada pilihan Debug dan Release. Pastikan yang aktif adalah Release.
DEBUG  RELEASE
Preprocessor
Defined Symbols (-D):
    WIN32
    _WINDOWS
    _DEBUG
 Defined Symbols (-D):
    WIN32
    _WINDOWS
    NDEBUG
Directories
Include Paths (-l):
    “${OGRE_HOME}\include”
    “${OGRE_HOME}\samples\include”
Beserta kutip “
 Include Paths (-l):
    “${OGRE_HOME}\include”
    “${OGRE_HOME}\samples\include”
Beserta kutip “
Miscellaneous
Bag. Other flags :
-c -fmessage-length=0 -mthreads -fexceptions -fident
 Bag. Other flags :
-c -fmessage-length=0 -mthreads -fexceptions –fident
 
    Mash pada bagian Tool Setting, masuk ke bagian MinGW C++ Linker ikutilah petunjuk table berikut ini untuk bagian-bagian properties pada pilihan Debug dan Release. Pastikan yang aktif adalah Release.
DEBUG  RELEASE
Libraries
Libraries (-l):
    OgreMain_d
    OIS_d
 Libraries (-l):
    OgreMain
    OIS
Library search path (-L):
    “${OGRE_HOME}\bin\debug”
Beserta kutip “
 Library search path (-L):
    “${OGRE_HOME}\bin\release”
Beserta kutip “
Miscellaneous
Bag. Other Options (-Xlinker[option]):
    –enable-auto-image-base
    –add-stdcall-alias
 Bag. Other Options (-Xlinker[option]):
    –enable-auto-image-base
    –add-stdcall-alias
    Masuk kebagian sourcecode, masukkan sourcecode berikut untuk testing :
#include “ExampleApplication.h”
class BelajarOgre : public ExampleApplication {
public:
BelajarOgre(){
}
~BelajarOgre(){
}
protected:
void createScene(void){
//mSceneMgr utk manage semua semua yg tampil pd screen
mSceneMgr->setAmbientLight(ColourValue(1,1,1));
//Entity ad objek yg bs dirender discene
Entity *ent1 = mSceneMgr->createEntity(“Robot”,”robot.mesh”);
Entity *ent2 = mSceneMgr->createEntity(“Robot2″,”robot.mesh”);  //membuat robot kedua
SceneNode *node1 = mSceneMgr->getRootSceneNode()->createChildSceneNode(“RobotNode”);SceneNode *node2 = mSceneMgr->getRootSceneNode()->createChildSceneNode(“Robot2Node”);
//attach entity ke scenenode ut beri lokasi render robot
node1->attachObject(ent1);
node2->attachObject(ent2); //mengattach robot 2
node2->translate(20,0,0);
}
};
#if OGRE_PLATFORM == OGRE_PLATFORM_WIN32
#define WIN32_LEAN_AND_MEAN
#include “windows.h”
INT WINAPI WinMain(HINSTANCE hInst, HINSTANCE, LPSTR strCmdLine, INT)
#else
int main(int argc, char **argv)
#endif
{
//bikin objek aplikasi
BelajarOgre app;
try {
app.go();
} catch (Exception e) {
#if OGRE_PLATFORM == OGRE_PLATFORM_WIN32
MessageBox(NULL,e.what(),”Terjadi Error!”,MB_OK | MB_ICONERROR |MB_TASKMODAL);
#else
fprintf(stderr,”Terjadi Error = %s\n”,e.what());
#endif
}
return 0; }
    Build project tersebut, dan masuk kedalam direkori OgreSDK\bin\release lalu buka file resource.cfg
    Ganti bagian ../../../ dengan fullpath lokasi OgreSDK
    Save file tersebut, lalu copy semua isi direktori OgreSDK\bin\release kedalam workspace project anda khusunya direkori nama_workspace\nama_project\Release
    Masuk ke direktori nama_workspace\nama_project\Release, jalankan file executablenya biasanya nama_project.exe.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
 

0 komentar:
Posting Komentar