antara MD5 dan SHA

Tulisan ini ga akan ada kalo tugas skk yang mengharuskan,jadi saya akan mencoba membahas perbedaan MD5 dan SHA pada Hash Function.
Berbicara mengenai Hash Function maka sebelumnya kita akan berbicara mengenai Kriptografi. Definisinya adalah seni dan ilmu menyembunyikan informasi dari penerima yang tidak berhak. Kata cryptography berasal dari kata Yunani kryptos (tersembunyi) dan graphein (menulis).
Terdapat beberapa dasar tool kriptografi (primitif) yang digunakan untuk mendukung keamanan informasi. Contoh dari primitif termasuk skema enkripsi, fungsi hash, dan skema tanda tangan digital.
Salah satu contoh dari tool kriptografi yaitu fungsi hash. Penjelasannya :

Fungsi Hash adalah fungsi yang memproduksi output dengan panjang tetap dari input yang berukuran variabel. Output dari fungsi hash disebut dengan message digest. Fungsi hash memiliki karakteristik fungsi satu arah karena file asli tidak dapat dibuat dari message digest.
Fungsi hash yang banyak dipakai di dalam aplikasi kriptografi adalah MD5 dan SHA.

MD5

MD5 adalah algoritma message digest yang dikembangkan oleh Ronald Rivest pada tahun 1991. MD5 merupakan perbaikan dari MD4 setelah MD4 berhasil diserang oleh kriptanalis.

MD5 mengambil pesan dengan panjang sembarang dan menghasilkan message digest yang panjangnya 128 bit dimana waktu pemrosesan lebih cepat dibandingkan performance SHA tetapi lebih lemah dibandingkan SHA.  Pada MD5 pesan diproses dalam blok 512 bit dengan empat round berbeda. Masing-masing round terdiri dari 16 operasi. F merupakan fungsi nonlinear, satu fungsi digunakan pada setiap ronde. MI menunjukkan blok data input 32 bit dan Ki menunjukkan konstanta 32 bit yang berbeda setiap operasi.
⁠

Algoritma SHA mengambil pesan yang panjangnya kurang dari 264 bit dan menghasilkan message digest 160-bit . Algoritma ini lebih lambat daripada MD5, namun message digest yang lebih besar membuatnya semakin aman dari bruteforce collision dan serangan inversi.

Salah satu iterasi fungsi kompresi SHA1 dimana A,B,C,D dan E berisi 32 bit words, F merupakan fungsi nonlinier yang bervariasi, <<< menandakan left circular shift, Kt konstan.
Panjang dari message digest yang dihasilkan oleh MD.

0 komentar:

Posting Komentar

 
template designed by 2k6351