Artificial Intelligence

Kecerdasan Buatan yang dalam bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau AI, didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Kecerdasan didefinisikan sebagai:
-Kemampuan untuk belajar dan mengelolanya
-Kemampuan untuk merenung, berfikir dan berargumentasi
-Daya reaksi atau penyesuaian yang cepat dan tepat, baik secara fisik maupun mental, terhadap pengalaman-pengalaman baru, membuat pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki siap untuk dipakai apabila dihadapkan pada fakta-fakta atau kondisi-kondisi baru (Kamus Besar bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka)

Membuat AI tradisi logicist dalam AI adalah membangun program
yang menghasilkan solusi berdasarkan logika manusia .

Contoh Pekerjaan AI
*Permainan (game): tic-tac-toe, chess, backgammon, poker
*Pemrosesan bahasa alami: Percakapan menara kontrol, ringkasan stok pasar
*Aplikasi industri: Diagnosa pabrik, perencanaan produksi
*Kinerja level pakar: Biologi molekul, konfigurasi komputer(Pengantar Ai & SoftComputing)


Dulu permainan tradisional adalah mainan favorit bagi anak-anak kecil. tapi sekarang sepertinya sudah beralih ke game di komputer/playstation. Bermain game juga merupakan salah satu kegiatan yang disukai orang, tidak hanya anak kecil untuk
menghilangkan kejenuhan di saat kita merasa jenuh dalam mengerjakan suatu
pekerjaan ataupun pada saat waktu luang. Dalam perkembangannya game dengan artificial intelligen adalah supaya ketika dijalankan/dimainkan game tersebut kita seperti memainkan/mengendalikan suatu karakter yang yang tujuannya agar pemain merasa
objek tersebut dikendalikan oleh (atau seolah-olah mirip) manusia.
Biasanya game dimainkan bersama-sama(banyak orang dalam satu kesempatan yang sama). Namun disisi sebaliknya jika tidak ada orang/teman yang menemani untuk bermain game tersebut, hal ini kemudian dikembangkan oleh perusahaan game juga mengimplementasikan Artificial Intelligence agar dapat dimainkan walaupun single player sehingga lebih interaktif.

Jadi pada intinya AI(Artificial Intelligence) yang digunakan pada game dalah untuk mengembangkan kecerdasan manusia pada game agar ketika dimainkan sepertinya menjadi hal yang nyata.

written by Abe Jordan
13 April 2010

0 komentar:

Posting Komentar

 
template designed by 2k6351