cloud computing

okeeey, long time no writee, itu artinya ga ada tugas softskill. naaah, sekarang mo nulis lagi nih, artinya dapet tugas softskill(lagi). intinya nulis blog akibat tugas softskill bwahahaha.
anyway, lets start to the topic. kali ini saya mau mencoba membahas tentang materi pengantar komputasi modern.

materi yang akan saya bahas adalah tentang cloud computing.
apakah cloud computing itu? cloud computing atau komputasi awan terdiri dari dua kata dasar cloud dan computing. cloud atau awan dalam konteks ini berarti suatu metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. awan (cloud) dalam cloud computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya.

cloud computing adalah suatu informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna atau client seperti desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain.

email yang tersedia dalam bentuk web mail merupakan contoh yang sangat kecil dari teknologi cloud computing. dengan menggunakan layanan email seperti Gmail dan Yahoo Mail, orang tidak perlu lagi menggunakan Outlook atau aplikasi desktop lainnya untuk email mereka. membaca email dengan browser memungkinkan dilakukan di mana saja sepanjang ada koneksi internet.

cloud computing saat ini sangat populer, selain dari pemain besar software seperti Microsoft dan Google, perusahaan lain bermunculan hanya untuk menyediakan layanan berbasis awan sebagai pengganti atau penyempurnaan aplikasi pada PC hari ini. beberapa dari perusahaan tersebut adalah Zoho.com, sebuah office suite online, Evernote.com, merupakan sebuah situs yang ditujukan untuk catatan online , dan RememberTheMilk.com, manajemen tugas online.

teknologi cloud akan memberikan kontrak kepada user untuk service pada 3 tingkatan:
  • infrastructure as service, hal ini meliputi Grid untuk virtualized server, storage & network. contoh: Amazon Elastic Compute Cloud dan Simple Storage Service.
  • platform-as-a-service: hal ini memfokuskan pada aplikasi dimana dalam hal ini memungkinkan developer untuk tidak memikirkan hardware dan tetap fokus pada application development nya tampa harus mengkhawatirkan operating system, infrastructure scaling, load balancing dan lainya. contoh: Force.com dan Microsoft Azure investment.
  • software-as-a-service: hal ini memfokuskan pada aplikasi denga Web-based interface yang diakses melalui Web Service dan Web 2.0. contoh: adalah Google Apps, SalesForce.com dan social network application seperti FaceBook.
namun cloud computing juga memiliki resiko dalam penggunaannya. berikut beberapa resiko yang mungkin dari pengunaan cloud computing:
  • service level – cloud provider mungkin tidak akan konsisten dengan performance dari application atau transaksi. hal ini mengharuskan anda untuk memahami service level yang anda dapatkan mengenai transaction response time, data protection dan kecepatan data recovery.
  • privacy - karena orang lain / perusahaan lain juga melakukan hosting kemungkinan data anda akan keluar atau di baca oleh pemerintah U.S. dapat terjadi tampa sepengetahuan anda atau approve dari anda.
  • compliance - anda juga harus memperhatikan regulasi dari bisnis yang anda miliki, dalam hal ini secara teoritis cloud service provider diharapkan dapat menyamakan level compliance untuk penyimpanan data didalam cloud, namun karena service ini masih sangat muda anda diharapkan untuk berhati hati dalam hal penyimpanan data.
  • data ownership – apakah data anda masih menjadi milik anda begitu data tersebut tersimpan didalam cloud? mungkin pertanyaan ini sedikit aneh, namun anda perlu mengetahui seperti hal nya yang terjadi pada yang mencoba untuk merubah terms of use aggrement nya yang mempertanyakan hal ini.
  • data mobility – apakah anda dapat melakukan share data diantara cloud service? dan jika anda terminate cloud relationship bagaimana anda mendapatkan data anda kembali? format apa yang akan digunakan ? atau dapatkah anda memastikan kopi dari data nya telah terhapus ?
menurut saya secara garis besar memang cloud computing menjadi salah satu solusi yang baik dalam perkembangan teknolohgi khususnya dalam bidang teknologi informasi. integritas jaringan internet yang tergabung dalam cloud atau awan akan membuat komunikasi data dari server dengan user atau pengguna lain menjadi lebih simple sehingga menghemat energi dan sumber daya.

sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Cloud_computing
http://nurmanto.com/pengertian-cloud-computing/

http://teknoinfo.web.id/teknologi-cloud-computing/

:)

1 komentar:

andiny oktariana mengatakan...

kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

Posting Komentar

 
template designed by 2k6351