game dan revolusinya

game atau permainan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia baik dari usia muda sampai dewasa dengan tujuan mendapatkan suatu sensasi menyenangkan atau gembira saat melakukannya. biasanya dilakukan untuk mengisi waktu luang atau bahkan menjadi suatu profesi pekerjaan yang dapat menghasilkan keuntungan.
game/permainan terdapat berbagai macam jenis. secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi permainan tradisional dan permainan modern.
permainan tradisional biasanya dilakukan oleh anak-anak kecil di sekolah atau didaerah tempat tinggal mereka. permainan tradisional dilakukan dengan peralatan seadanya, mudah ditemukan dari alam atau dibuat dari plastik. contoh permainan tradisional adalah kelereng,layang-layang,bentengan,gerobak sodor,dan lain-lain.
seiring perkembangan zaman dan teknologi, permainan berkembang menjadi suatu kegiatan yang lebih canggih. pemanfaatan teknologi membuat permainan dapat dilakukan didalam rumah menggunakan mesin video game. maka tidak heran jika permainan berkembang pesat teknologinya baik dari desain visual sampai dengan cara mainnya.
bagi sebagian orang, game bisa menjadi bagian dari hidupnya. Orang-orang ini sering di sebut juga gameahollic atau game freak. ada juga sebagian dari orang berpikir bahwa game adalah suatu ide yang akan mendatangkan keuntungan menggiurkan. Kumpulan orang ini biasa di sebut dengan game developer, yang bekerja di bidang game developing.
suatu team game developer memiliki bagian-bagian atau divisi dimana divisi itu berisi oleh orang yang memiliki keahlian khusus di bidangnya. ada beberapa divisi yang terdapat dalam suatu team pembuat game ini. di antaranya :
- Team Leader
Bagian ini biasanya hanya disi oleh satu orang saja dimana orang tersebut memiliki tugas yang paling penting dimana orang tersebut bertugas untuk memimpin team dalam pembuatan game agar tetap kompak dan sesuai dengan konsep yang sudah direncanakan sebelumnya.

- Game Designer
Seperti kita ketahui dari arti nama divisinya, orang-orang yang bekerja di divisi ini bertugas untuk mendesign suatu game,termasuk didalamnya seperti menentukan alur, tipe, dan tampilan yang game itu seperti apa. Biasanya mereka mendesign game tersebut secara berkelompok.

- Producer
Orang-orang yang bekerja pada divisi ini mempunyai tugas untuk mengarahkan bentuk dari game menjadi seperti apa yang diinginkan sebelumnya sesuai dengan hasil yang sudah disetujui oleh pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan game tersebut.

- Programmer
Divisi ini diisi oleh orang-orang super yang pandai dalam membuat suatu source code yang memiliki fungsi yang sangat penting dalam suatu pembuatan game. Pada bagian inilah sang “game maker” akan bekerja secara kompak untuk membuat sebuah game yang diinginkan. Mereka akan bekerja keras untuk mendapatkan game seperti yang diinginkan sebelumnya, namun sayang Game Programmer di Indonesia masih sedikit sekali.

- Artist
Orang yang berkerja pada divisi ini memiliki tugas untuk membuat sebuah tampilan atau bentuk dari suatu character yang nantunya akan digunakan pada game yang akan dibuat.

- Composer (Music Editor)
Orang yang bekerja pada divisi ini memiliki tugas untuk menyisipkan suatu sound effect yang nantinya akan membuat suatu suasana dari game itu menjadi lebih real, karena dengan penggunaan dan penempatan suara yang pas dapat membuat game menjadi jauh lebih menarik.

- Script And Text Editor
Pada divisi ini, team akan memiliki tugas untuk membuat suatu scenario dari game yang diinginkan. Skrip-skrip tersebut nantinya akan dibaca oleh sang game artist untuk dijadikan gambaran dasar pembuatan suatu character yang cocok dengan skrip yang telah dibuat.

- Cinematic
Pada divisi ini, orang-orang pada bidang cinematic ini akan membuat game yang lebih menarik dalam segi alur, tampilan, maupun konsep-konsep lainnya agar lebih nyaman ketika dimainkan.

dan perkembangan game akan terus berevolusi selama teknologi dan sumber daya manusia terus berkembang pula. kita tunggu saja game-game canggih yang akan meramaikan dunia permainan dunia maya ;)
adios amigos

referensi :

http://bahaskomputer.blogspot.com/2009/05/tahap-pembuatan-game.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
template designed by 2k6351